Oknum Dinkes Kota Malang Diduga Ikut Kampanye (5)

Kepala UPT Puskesmas Arjuno Akui Foto Bersama Cagub Jatim adalah Dirinya

Kepala UPT Puskesmas Arjuno Kota Malang, dr Umar Usman saat ditemui MalangTIMES di Kantornya Jl Arjuno nomor 17 Kota Malang, Senin (2/4/2018) (Foto : Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Kepala UPT Puskesmas Arjuno Kota Malang, dr Umar Usman saat ditemui MalangTIMES di Kantornya Jl Arjuno nomor 17 Kota Malang, Senin (2/4/2018) (Foto : Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

PASURUANTIMES, MALANGKepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Arjuno Kota Malang dr Umar Usman yang namanya ramai dibicarakan di sejumlah grup Whatsapp maupun media sosial lain karena terlibat foto bersama dengan Calon Gubernur (Cagub) Jatim Syaifullah Yusuf akhirnya buka suara.

Saat ditemui MalangTIMES di kantornya di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Arjuno yang berada di Jalan Arjuno 17 Kota Malang, Umar Usman mengakui bahwa foto itu memang benar dirinya bersama Cagub Jatim yang akrab disapa Gus Ipul itu.  

Menurutnya, foto tersebut diambil sekitar dua bulan lalu, sebelum adanya permasalahan yang juga menimpa Kepala Puskesmas Kendalkerep Dr Lisna saat berfoto dengan calon Wali Kota Malang HM.Anton.

Hanya saja, saat itu, HM Anton alias Abah Anton belum resmi ditetapkan sebagai Calon Wali Kota Malang oleh KPU Kota Malang sehingga kasus tersebut tidak ditindaklanjuti oleh Panwas Kota Malang.

Dr Umar Usman menjelaskan foto bersama Gus Ipul tersebut diambil saat ia hadir dalam kegiatan pengajian di salah satu pondok pesantren di kawasan Bululawang, Kabupaten Malang.

Saat berfoto bersama, Umar sebelumnya memang sudah sempat mendengar adanya pelarangan dari pemerintah tersebut. Namun saat itu, ia belum mengetahui secara detail aturan tersebut.

"Memang sebelumnya sempat dengar-dengar, tapi enggak detail. Saat itu ya foto-foto hanya sekadar bersilaturahmi saja, tidak ada maksud berkampanye dan yang lainnya," beber kepala UPT yang tinggal di Kepanjen itu, Senin (2/4/2018).

Sebelum foto bersama, lanjutnya, Gus Ipul juga sempat mengingatkan agar mereka yang berprofesi ASN, agar menggunakan foto tersebut untuk internal dan tidak menyebarluaskannya keluar.

"Namun, karena di sana banyak orang ya enggak tau kalau foto-foto tersebut ada yang keluar. Memang Gus Ipul sempat bilang , ojo disebar lo rek, dipakai internal saja," ujar dr Umar Usman menirukan saran Gus Ipul.

Ia kembali menegaskan, meskipun terdapat foto dengan salah satu pasangan calon, tidak ada maksud apapaun termasuk keberpihakannya terhadap Gus Ipul.

"Saya tetap berusaha menjaga netralitas sebagai ASN, tidak ada niat apapun saat melakukan foto tersebut selain silaturahmi dan menghadiri pengajian,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan, setelah peristiwa Kepala UPT Puskesmas Kendalkerep foto bersama Abah Anton, memang Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang Asih Tri Rachmi, sudah mengimbau semua jajarannya agar lebih berhati-hati dan menjaga jarak serta netralitas sesuai aturan yang ditetapkan pemerintah.

"Pasca Dr Lisna dulu, memang sudah diimbau agar lebih berhati-hati ke depan supaya hal tersebut tidak terjadi lagi. Namun ya itu kan sebelum muncul aturan ini, ada  banyak foto yang diambil bahkan ada yang sempat dipakai foto profil teman-teman. Saya malah mengingatkan mereka karena ada saya di situ," paparnya.

"Jika memang nantinya ada sanksi, saya akan memberikan penjelasan dan siap menaati aturan yang ada, " tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kota Malang, Asih Tri Rachmi, ketika ditanya mengenai anak buahnya yang berswafoto dengan salah satu calon gubernur mengungkapkan pihaknya saat ini belum mengetahui permasalahan tersebut sehingga belum bisa memberikan komentar apapun.

"Saya belum dengar. Saya enggak ada statemen. Monggo dikonfirmasi dengan Pak Umar (dr Umar Usman, red) dulu, karena saya tidak tahu permasalahan pastinya. Kalau kasus kepala Puskesmas Kendalkerep itu kita memang diminta bakti sosial dan panitia waktu itu ngundang wali kota bukan pasangan calon," pungkasnya.

Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]pasuruantimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]pasuruantimes.com | marketing[at]pasuruantimes.com
Top