Lima Langkah Hemat Baterai Ponsel Android, Lakukan Hal Berikut saat Isi Daya

Tips hemat baterai ponsel Android yang diunggah channel YouTube Cap Capung. (foto: YouTube)
Tips hemat baterai ponsel Android yang diunggah channel YouTube Cap Capung. (foto: YouTube)

PASURUANTIMES, MALANGDi zaman sekarang, siapa sih yang tidak menggenggam ponsel pintar? Memiliki smartphone, apalagi bagi generasi milenial, bak separo nyawa. Ke mana pun pergi, sudah pasti ada ponsel, baik iOS ataupun android, di tangan.

Ponsel pintar tak lepas dari persoalan baterai. Bisa jadi konsumsi baterai yang seringkali boros dialami semua pengguna ponsel pintar. Smartphone Anda pun pernah mengalaminya kan?

Untuk satu ini, ada baiknya Anda menyaksikan trik hemat baterai ponsel android oleh Cap Capung. Channel YouTube tersebut mempraktikkan tips hemat daya yang telah ditonton 128.000 pasang mata di YouTube.

Langkah pertama yang dapat pembaca MalangTIMES lakukan adalah mematikan layanan data saat ponsel dicas (di-charge). Mode pesawat atau airplane mode perlu ada aktifkan saat proses pengisian daya. Jadi, tidak perlu mematikan ponsel saat baterai handphone diisi.

Masih pada proses pengisian daya, Anda perlu memperhatikan alas ponsel. Letakkan ponsel di atas benda yang tidak menyerap panas. Suhu baterai saat proses pengisian terbilang tinggi, oleh sebab itu disarankan meletakkan ponsel di atas benda seperti meja kayu atau buku.

Ada tiga trik lain yang barangkali bisa segera Anda praktikkan. Selain proses pengisian daya, ternyata penting memperhatikan layar handphone Anda. Menurut Cap Capung, layar hitam lebih hemat ketimbang memilih tema layar berwarna. Sebab, warna hitam dapat memastikan seluruh pixel sehingga konsumsi baterai pada layar akan lebih hemat.

Trik lain ialah mematikan fitur yang tidak perlu. Fitur tersebut di antaranya adalah GPS (global positioning system), Wifi (wireless fidelity), dan bluetooth saat tidak digunakan.

Yang terpenting pula ialah menghindari mode getar. Mode ini nyatanya dapat menghabiskan daya sehingga disarankan memakai mode silence atau mengecilkan volume nada dering saja. (*)

Pewarta : Wahida Rahmania Arifah
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]pasuruantimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]pasuruantimes.com | marketing[at]pasuruantimes.com
Top