Diguncang Gempa, Jamaah Berhamburan tapi Imam Tetap Lanjutkan Salat, Tonton Videonya

Imam Musala As-Syuhada berpegangan ke dinding saat gempa mengguncang Bali pada Minggu (5/8/2018). (foto via YouTube)
Imam Musala As-Syuhada berpegangan ke dinding saat gempa mengguncang Bali pada Minggu (5/8/2018). (foto via YouTube)

PASURUANTIMES, MALANG – Akun Facebook Musala As-Syuhada Blk yang beralamat di Jalan Margapadmayana, Denpasar, Bali, menyiarkan live ibadah salat Isya pada Minggu (5/8/2018). Saat yang sama, terekam pula suasana kepanikan jamaah akibat gempa berkekuatan 7.0 Skala Richter (SR) yang berpusat di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Dalam video tersebut, salat Isya berjalan lancar seperti biasa. Tiba-tiba saat memasuki rakaat kedua, gempa mengguncang musala. Tubuh jamaah bergoyang dan mereka nyaris jatuh. Gonjangan makin terasa saat imam membacakan Surat Al-Fatihah. Beberapa jamaah meninggalkan shaf dan berlarian keluar dari musala. Terdengar pula suara seperti benda jatuh.

Yang menarik, imam salat tetap berdiri memimpin jamaah. Meski diguncang gempa, sang imam tetap berdiri meski sesekali berpengangan pada dinding musala. Ia lantas melafalkan Ayat Kursi hingga mengulang ayat pertama sebanyak tiga kali.

Ayat Kursi atau Ayat Singgasana adalah ayat ke-255 dari Surat Al Baqarah. Ayat ini berisi tentang keesaan Allah SWT yang mutlak atas segala sesuatu. Ayat pertama yang dibacakan imam Musala As-Syuhada itu adalah sebagai berikut. 

"Allahu Laa Ilaaha Illa Huwal Hayyul Qayyumu (Allah, tidak ada Tuhan yang berhak disembah melainkan Dia yang Hidup Kekal lagi terus-menerus mengurus makhluk-Nya)."

Selanjutnya setelah menyelesaikan bacaan Ayat Kursi, guncangan gempa perlahan tidak lagi dirasakan. Para jamaah yang tadi berlarian keluar pun kembali merapatkan barisan salat. (*)

 

Pewarta : Wahida Rahmania Arifah
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]pasuruantimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]pasuruantimes.com | marketing[at]pasuruantimes.com
Top