Berbekal Tusuk Gigi, Sikat Ratusan Juta di ATM

Dua pelaku pembobolan mesin ATM saat diamankan polisi.
Dua pelaku pembobolan mesin ATM saat diamankan polisi.

PASURUANTIMES, SURABAYA – Pencurian kini dapat dilakukan dengan berbagai modus. Tak terkecuali membobol ATM dengan cara menggunakan tusuk gigi. Pria berinisial SP alias DP (51), warga Pariaman, Sumatera Barat, dan RW (26), warga Medan, Sumatera Utara,  kini telah diamankan oleh Satreskrim Polrestabes Surabaya.

Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Sudamiran menjelaskan, pelaku merupakan residivis pada tahun 2016 dengan kasus yang sama. Pelaku melancarkan aksinya dengan cara menggunakan tusuk gigi untuk mengganjal ATM ketika ada korban yang ATM-nya ngadat. Di situlah pelaku pura-pura menolong korban. Setelah itu, menukarkan ATM korban dengan ATM miliknya dan menanyakan pin ATM tersebut.

“Setelah mendapatkan laporan dan setelah dilakukan penyelidikan, pelaku akhirnya berhasil ditangkap di Kudus, Jawa Tengah. Kerugiannya untuk dua orang korban sekitar 400 juta rupiah. Namun tidak menutup kemungkinan bisa lebih besar karena ada beberapa korban yang tidak menyadari uangnya berkurang dan tidak sesuai dengan yang diambil,” ujarnya.

Aksi pelaku tergolong berani dan mujur. Hasil dari kejahatan yang dilakukan kemudian digunakan oleh pelaku untuk membeli barang-barang mewah. Seperti satu unit mobil Mercedes Bent type Class, perhiasan, emas batangan dan juga digunakan untuk pergi ke kasino di Malaysia.

“Pengakuan baru satu bulan, namun nanti akan kami kembangkan. Masyarakat yang merasa uangnya hilang di ATM dapat konfirmasi kepada kami,” imbuh Sudamiran. (*)

Pewarta : M. Bahrul Marzuki
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Surabaya TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]pasuruantimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]pasuruantimes.com | marketing[at]pasuruantimes.com
Top