Tak Berizin, Rumah Opa Leluasa Jual Miras (3)

Tidak Terdaftar Dalam Sistem di Pemkot Malang, Rumah Opa Terbukti Tak Kantongi Izin

Tampakan bar di rumah Opa Kitchen and Lounge yang menyediakan aneka minuman beralkohol (Foto : Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Tampakan bar di rumah Opa Kitchen and Lounge yang menyediakan aneka minuman beralkohol (Foto : Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

PASURUANTIMES, MALANGBerdasarkan data dan statistik layanan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) atau yang dikenal sebagai Dinas Perizinan Kota Malang, Rumah Opa Kitchen and Lounge sama sekali tidak tercantum di dalamnya.

Padahal, setiap jenis usaha yang sudah mengurus izin secara otomatis akan masuk dalam daftar khusus dan dikelompokkan berdasarkan kategorinya. Seperti izin usaha perdagangan, izin pariwisata, hingga izin usaha industri dan pelayanan tontonan misalnya.

"Sudah dilihat dalam sistem, dan Rumah Opa tidak tercantum di dalamnya. Itu artinya memang tidak ada izinnya," terang sumber internal DPMPTSP Kota Malang yang enggan disebutkan namanya pada MalangTIMES belum lama ini.

Dia juga menyampaikan, selama ini belum ada pengaduan yang masuk dari masyarakat sekitar terkait keberadaan cafe tersebut. Sehingga, DPMPTSP tidak dapat melakukan tindakan khusus.

Menurut ketentuan, lanjutnya, pihaknya hanya bisa menindak pengusaha yang telah mendaftarkan jenis usahanya lalu mendapat penolakan atau dialihfungsikan tak sesuai dengan izin yang diajukan.

"Ketika tidak masuk dalam daftar kami, maka kami tidak bisa menindak. Karena itu adalah kewenangan Satpol PP. Kami akan menindak jika ada aduan masyarakat karena alih fungsi jenis usaha atau penolakan dari warga," imbuhnya.

Terpisah, Plt. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Malang Wulan Ragas Prasiani Iriana menyampaikan, segala jenis usaha yang akan didirikan sudah semestinya mendaftarkan diri ke DPMPTSP.

Hal itu sesuai dengan aturan yang telah disepakati sebagai wujud legalitas dari usaha yang didirikan.

"Pengusaha memang wajib mengantongi izin saat akan mendirikan usaha di Kota Malang. Bukan hanya di Malang, semua daerah pasti demikian," jelasnya.

Sementara terkait informasi yang menyebut jika Rumah Opa menjual minuman beralkohol dan membuat warga resah, Wulan enggan berkomentar banyak dengan alasan belum mengetahui dengan pasti keberadaan cafe di kawasan Jl. Welirang itu.

"Saya masih belum cek lagi terkait Rumah Opa karena saya tidak memegang datanya," jelas Wulan.

Namun dia menjelaskan, jika menjual minumam beralkohol harus disertai Izin Tempat Penjualan Minuman Beralkohol (ITPMB).

Karena secara legalitas, izin minuman beralkohol terbagi dalam beberapa jenis. Di antaranya Siup Minol golongan A dengan kadar alkohol satu sampai lima persen. Kemudian Siup Minol B dengan kadar alkohol lima sampai 20 persen, dan Siup Minol dengan kadar alkohol di atas 20 persen

Pewarta : Pipit Anggraeni
Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]pasuruantimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]pasuruantimes.com | marketing[at]pasuruantimes.com
Top