Sebelas Bunga Tercantik dan Termahal di Dunia, Salah Satunya Ada di Kota Batu

bunga jenis Monstera Deliciosa di Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
bunga jenis Monstera Deliciosa di Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

PASURUANTIMES, BATU – Bunga sudah menjadi bagian dari kehidupan. Salah satunya fungsinya untuk mempercantik taman dan halaman rumah. 

Dari beragam bunga di dunia ini, ada beberapa yang memiliki harga cukup fantastis. Berikut sebelas bunga tercantik dan termahal di dunia.

1. Kadupul

Bunga kadupul adalah  bunga kaktus yang langka berasal dari Sri Lanka. Namun kadupul bisa ditemukan di negara-negara lain seperti India dan Amerika.

Mereka yang bisa mengambil foto bunga ini termasuk beruntung karena bunga ini akan layu bila malam telah habis. Mendapatkan bunga ini juga bisa dikatakan hampir mustahil karena hanya tumbuh dua jam dalam setahun. Sehingga tidak ada harga yang tepat untuk bunga ini. Bahkan, banyak yang mengatakan jika bunga ini puitis karena waktunya yang singkat.

2. Mawar Juliet

Bunga ini ditemukan tahun 2006 oleh David Austin. Dibutuhkan waktu 15 tahun untuk mengembangkan bunga ini ketika mekar agar benar-benar indah. Bahkan, biaya pengembangan bunga ini disebut-sebut mencapai angka Rp 200 miliar. Namun, bunga ini hanya mampu bertahan selama 6 sampai 7 hari.

3. Shenzen Nongke 

Bunga ini memiliki waktu lama untuk mekar 4-5 tahun. Dengan aroma yang segar, punya kelopak kuning kehijauan dihiasi bercak ungu ini memiliki harga Rp 2,5 miliar. Para peneliti memerlukan waktu 8 tahun untuk membudidayakannya dari hasil persilangan. Karena itulah, harga anggrek ini mahal. 

4. Anggrek Kinabalu

Tanaman ini hanya dapat ditemukan di Malaysia. Anggrek ini memiliki kelopak berwarna hijau dengan hiasan titik merah dan butuh waktu lama untuk mekar antara April dan Mei  dan terus dikembangkan. Karena itu, bunga ini langka dan mahal berkisar Rp 76 juta per tanaman.

5. Saffron Crocus

Bunga ini bisa tumbuh hingga 15 sentimeter berasal dari Asia Barat Daya. Biasanya juga digunakan sebagai bumbu dapur saffron. Mengekstrak jadi bumbu dari bunga mahal di dunia bukan urusan mudah. Setidaknya dibutuhkan 50 ribu saffron kering untuk mendapatkan 450 gram bumbu. Dengan harganya Rp 15 juta-Rp 17 juta per pon, bunga ini terus tumbuh.

6. Tulip Bulb

Bunga yang berasal dari Belanda itu memiliki harga mahal karena banyak orang yang ingin menanamnya di kebun. Sampai-sampai banyak orang yang rela menjual tanah mereka untuk mendapatkan bibit tulip bulb. Karena itu, harganya cukup tidak wajar, yakni Rp 72 juta pada abad 17. 

7. Gloriosa

Bunga ini hanya ada di Asia dan Afrika. Memiliki karakter unik yang berada divujung kelopaknya. Terdiri dari warna hijau, merah, kuning. Karena keindahannya, bunga ini ditetapkan sebagai bunga nasional Zimbabwe. Harganya Rp 76 ribu-Rp 127 ribu.

8. Hydrangea atau Hortensia

Bunga ini berasal dari kawasan selatan, Timur Asia, Indonesia, Amerika. Bunga ini memiliki ukuran 1-3 meter dan tumbuh di musim semi hingga gugur. Biasanya untuk dekor pesta pernikahan. Bunga ini juga jadi bahan utama teh di Jepang. Harganya Rp 82 ribu per tangkai. 

9. Convallaria Majalis