Aturan Baru, Penumpang Kereta Api Kini Bisa Check-In di Seluruh Stasiun Online

Penumpang kereta api tengah melintas untuk menuju peron keberangkatan di Stasiun Malang Kotabaru. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Penumpang kereta api tengah melintas untuk menuju peron keberangkatan di Stasiun Malang Kotabaru. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

PASURUANTIMES, MALANG – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai memberlakukan aturan baru terkait check-in atau melakukan konfirmasi keberangkatan. Penumpang yang telah mendapatkan bukti pembelian tiket kereta api kini sudah dapat melakukan check in atau mencetak boarding pass atau tiket akses naik kereta di semua stasiun online yang melayani kereta jarak jauh.
 

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto mengatakan bahwa aturan baru itu sebagai salah satu upaya untuk memberikan kemudahan kepada pengguna moda transportasi kereta api (KA). "Kebijakan baru ini mulai diberlakukan kemarin (17/1/2019) pukul 15.00 WIB," ujarnya. Aturan baru terkait proses check-in ini juga ditunjang sudah tersedianya mesin check-in counter di seluruh stasiun dengan keberangkatan kereta jarak jauh. 
 

Suprapto menyebut, penumpang bisa check-in jika sudah memiliki bukti pembelian tiket kereta api. Di antaranya berupa blanko tiket putih, email notifikasi, struk, maupun e-ticket. 

"Check-in di stasun online ini dapat dilakukan mulai H-7 hingga H-1 atau 24 jam sebelum keberangkatan kereta api," terangnya.  "Jika kurang dari 24 jam, penumpang hanya bisa melakukan check-in di stasiun keberangkatannya dan stasiun antara sesuai relasi tiket kereta api," tambah Suprapto. 

Dia mencontohkan penumpang KA Bangunkarta relasi Surabaya Gubeng-Jakarta Gambir yang akan berangkat tanggal 2 Februari 2019. Maka penumpang tersebut dapat check-in di Stasiun Surabaya Pasar Turi, Stasiun Kotabaru Malang, atau stasiun online lainnya.
 

Penumpang tersebut melakukan check ini online selambat?lambatnya tanggal 1 Februari 2019 atau 24 jam sebelum jadwal kereta api berangkat. "Jika kurang dari 24 jam, penumpang tersebut hanya bisa melakukan check in di stasiun keberangkatannya, yaitu Stasiun Surabaya Gubeng dan stasiun antara sesuai relasi tiket kereta api," ungkapnya.
 

Suprapto menegaskan, perubahan aturan ini bertujuan untuk memudahkan penumpang yang ingin melakukan check-in jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Selain itu, penumpang bisa check-in dari stasiun online terdekat yang mereka inginkan. 
 

Hal ini juga dapat mencegah keterlambatan penumpang dikarenakan adanya antrean di mesin check-in pada hari keberangkatan. "Selain itu, KAI juga telah menyediakan fitur e-boarding pass pada aplikasi KAI Access," terangnya. Fitur tersebut membuat penumpang tidak perlu lagi repot-repot mengantre di mesin check-in counter untuk check-in. 

E-boarding pass dapat diakses oleh penumpang mulai dari dua jam sebelum keberangkatan kereta. "Dengan berbagai kemudahan ini, KAI berharap dapat membuat penumpang menjadi lebih nyaman dalam melakukan perjalanan kereta api," pungkasnya.

 

Pewarta : Nurlayla Ratri
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]pasuruantimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]pasuruantimes.com | marketing[at]pasuruantimes.com
Top