BKD Tingkatkan Kesadaran Bayar Pajak Tepat Waktu untuk Pembangunan Kabupaten Pasuruan

Penyuluhan dan penyerahan SPPT PBB-P2 di Kabupaten Pasuruan.
Penyuluhan dan penyerahan SPPT PBB-P2 di Kabupaten Pasuruan.

PASURUANTIMES – Guna meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) sektor pajak daerah, Badan Keuangan Daerah (BKD) gencar melakukan penyuluhan ke seluruh wilayah Kabupaten Pasuruan. Penyuluhan ini sekaligus sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya membayar pajak tepat waktu.

Kepala Bidang (Kabid) Pendapatan Penetapan dan Pelaporan Pendapatan BKD Kabupaten Pasuruan Mokhammad Syafi’i menyatakan, kegiatan penyuluhan dan penyerahan surat pemberitahuan pajak terutang (SPPT) pajak bumi dan bangunan pedesaan dan perkotaan (PBB-P2) dengan nilai pajak sampai Rp 500.000 kepada seluruh kepala desa dan lurah ini dilakukan sejak awal Februari lalu. Agar berjalan efektif dan efisien, kegiatan penyuluhan dilakukan secara bergiliran di enam wilayah eks karesidenan, yakni Bangil, Purwosari, Pandaan, Grati, Kejayan dan Gondang Wetan.

“Penyuluhan ini sebagai upaya peningkatan kesadaran masyarakat membayar pajak tepat waktu. Selain itu, dalam rangka meningkatkan PAD sektor pajak daerah yang akan dipergunakan untuk pembangunan di Kabupaten Pasuruan,” kata Mokhammad Syafi’i.

Menurut Syafi’i, kepala desa dan lurah memiliki peran penting di lini terdepan pemerintahan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Selain mendistribusikan, mereka juga bisa menerima pembayaran pajak sesuai dengan SPPT PBB-P2 yang telah diberikan.

“Kepala desa dan lurah harus menjadi motivator masyarakat dalam membayar pajak. Jatuh tempo pembayaran PBB-P2 ini pada 31 Juli mendatang. Pembayaran pajak bisa dilakukan di kantor desa, kecamatan, Bank Jatim atau Kantor Pos terdekat,” jelas Syafi’i.

Pajak daerah yang dibayarkan masyarakat ini, lanjut Syafi’i, akan menjadi PAD Kabupaten Pasuruan yang akan dipergunakan untuk pembangunan daerah. Sehingga pajak yang dibayarkan masyarakat ini juga akan dipergunakan untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Pasuruan.

Sektor pajak daerah ini memberikan sumbangan pendapatan daerah sebesar Rp 66 miliar di tahun 2018. Pada tahun 2019 ini, target penerimaan PBB-P2 meningkat menjadi Rp 68 miliar. Kenaikan pendapatan ini merujuk pada jumlah wajib pajak yang bertambah dari tahun 2018 sebanyak 738.250 menjadi 739.138 di tahun 2019.

Pewarta : Arisandi Pasuruantimes
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Pasuruan TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]pasuruantimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]pasuruantimes.com | marketing[at]pasuruantimes.com
Top