Tarhib Ramadhan 'Kaum Milenial, Alquran Itu Keren' Akan Mengulas Kaitan Alquran dengan Fenomena Alam

Flyer acara Tarhib Ramadan bertajuk
Flyer acara Tarhib Ramadan bertajuk 'Kaum Milenial, Alquran itu Keren'. (Foto: doc. MalangTIMES)

PASURUANTIMES, MALANG – Ramadan tinggal menghitung hari. Penyambutan ramadan dilakukan masyarakat melalui berbagai cara. Salah satu yang patut ditunggu kehadirannya adalah Tarhib Ramadhan 1440 H dengan tema 'Kaum Milenial, Alquran itu Keren'.

Acara yang diinisiasi oleh MalangTIMES.com, bekerja sama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, Baitul Maal Hidayatullah (BMH), BMH Malang, dan DPD Hidayatullah Malang tersebut akan mendatangkan 8 pembicara yang terdiri atas para ulama dan ilmuwan.

8 pembicara tersebut antara lain Gus Wahid; Dr Habib Zaenal Abidin Bilfaqih MPd; Ustaz Abdullah Hadromi; Pemimpin Redaksi Malangtimes.com, Heryanto; Guru Besar Fakultas MIPA UM, Prof Dr Agr Muhammad Amin SPd; Dekan Fakultas MIPA UB, Adi Susilo PhD; Guru Besar Fakultas Peternakan UB, Prof Dr Sc Agr Ir Suyadi MS; dan Ketua Jurusan Biologi UB, Prof Muhaimin Rifa'i PhD Med Sc.

Acara digelar gratis pada hari Sabtu, 27 April 2019 pukul 08.00 sampai 16.00 WIB di Auditorium Rumah Singgah lantai 4 Gedung Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Alamatnya yakni di Jalan Ir Soekarno no. 1 Dadaprejo, Junrejo, Pendem, Kota Batu.

Dekan Fakultas MIPA UB, Adi Susilo PhD yang merupakan salah satu pemateri dalam acara yang pas untuk kalangan milenial tersebut akan menyajikan pengetahuan-pengetahuan mengenai Alquran yang berhubungan dengan fenomena alam. "Saya akan berbicara mengenai hubungan Alquran dengan kebumian dan kebencanaan," ucapnya saat dihubungi Malangtimes.com melalui telepon WhatsApp, Kamis (25/4).

Dekan Fakultas MIPA UB Adi Susilo PhD, salah satu pemateri di Tarhib Ramadhan 'Kaum Milenial, Alquran itu Keren'.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Adi, ia akan menjelaskan secara ilmiah mengenai apa yang tercantum dalam Alquran mengenai gunung yang berjalan, likuifaksi, hingga fenomena gempa bumi yang kuantitasnya sedikit pada saat bulan Ramadan.

"Seperti yang dikatakan Quran mengenai gunung berjalan, terus mengenai likuifaksi yang tempo hari terjadi yang sebetulnya sudah disinyalir di dalam Alquran. Kemudian mungkin akan saya singgung juga mengenai di bulan Romadan sangat sedikit terjadi gempa bumi," paparnya.

Untuk diketahui, topik mengenai gempa bumi yang kuantitasnya sedikit pada saat bulan Ramadan ini nantinya juga akan diulas khusus hanya di MalangTIMES.com.

Kembali pada Tarhib Ramadhan, Adi mengaku ia sangat menyambut baik acara tersebut. Sebab, pada acara itu nantinya tidak akan dibahas mengenai pengetahuan-pengetahuan Alquran terkait dosa, surga, neraka, mati, dan lain-lain. Melainkan, banyak dikaitkan dengan fenomena-fenomena yang ada di alam.

"Wah, kalau saya sangat positif sekali menyambut acara ini. Pengetahuan-pengetahuan Alquran akan banyak kita kaitkan dengan fenomena-fenomena yang ada di alam, baik itu kesehatan, maupun kebumian, kebencanaan, ataupun mungkin ada makhluk hidup, peternakan, dan lain-lain," bebernya. "Jadi kaitan-kaitannya yang implementatif atau aplikatif Alquran dengan sekitar kita," imbuhnya.

Adi menegaskan, pengetahuan di dalam Alquran sesungguhnya sangat luas dan itulah yang menjadikannya keren. Banyak hal yang bisa ditelaah oleh pada milenial dari Alquran. "Cocok sekali untuk kaum milenial. Saya sangat senang sekali diundang acara itu," tandasnya.

Harapan Adi, Tarhib Ramadhan tersebut dapat berlangsung dengan baik dan membuka wawasan-wawasan baru bagi para milenial. Untuk ke depannya, barangkali bisa ditambahkan dengan bidang-bidang lain, seperti ekonomi, kedokteran, dan lain sebagainya. "Karena milenial itu perlu menerima informasi yang lebih up-to-date dari Alquran untuk diimplementasikan ke kehidupannya," pungkasnya.

Pewarta : Imarotul Izzah
Editor : A Yahya
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]pasuruantimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]pasuruantimes.com | marketing[at]pasuruantimes.com
Top