Contoh Surakarta, Pemkot Malang Bakal Terapkan Parkir Online

Ilustrasi salah satu area parkir yang berada di area jalan raya Kota Malang (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)
Ilustrasi salah satu area parkir yang berada di area jalan raya Kota Malang (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

PASURUANTIMES, MALANG – Permasalahan kemacetan hingga kini masih menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. Salah satu faktor yang menjadi penyumbang kemacetan yakni masalah parkir.

Ya, selama ini banyak dijumpai area parkir kendaraan yang kerap memakai bahu jalan di Kota Malang. Karenanya, semakin membuat akses jalur kendaraan menyempit dan berujung kemacetan.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan sudah ada beberapa pihak ketiga yang mengajukan diri untuk bekerjasama dalam perencanaan pembuatan sistem parkir online. Pihaknya, ingin menyontoh penerapan di Kota Surakarta, Jawa Tengah.

"Sudah ada yang nawari, dari Telkom dan juga salah satu perusahaan start-up. Namun, masih kita siapkan semuanya dulu. Kita nanti ingin seperti di Surakarta, karena sudah menerapkan parkir online," ujar dia.

Meski begitu, Pemkot Malang tidak akan menghilangkan keberadaan tukang parkir. Pasalnya, para jukir (juru parkir) ini akan tetap dipekerjakan untuk bisa mengatur kendaraan di area parkir yang dibuat nantinya.

"Tetap, nanti tukang parkirnya akan kami rekrut. Mereka masih akan bertugas merapikan kendaraan yang akan parkir," imbuhnya.

Lebih lanjut, politisi Demokrat ini mengatakan jika prosesnya tetap akan dilakukan secara detail. Karenanya, perekrutan jukir itu akan melibatkan Badan Usaha Milih Daerah (BUMD).

"Untuk menekan kebocoran, kami akan melibatkan BUMD untuk bertanggungjawab mengurusi itu. Kita atur nanti di Perda kami," pungkas dia.

Pewarta : Arifina Cahyati Firdausi
Editor : A Yahya
Publisher :
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]pasuruantimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]pasuruantimes.com | marketing[at]pasuruantimes.com
Top