Tokoh Informal Dituding Intervensi Ploting Mutasi Pejabat Pemkab Pasuruan

Lujeng Sudarto
Lujeng Sudarto

PASURUANTIMES – Sejumlah tokoh informal dituding mengintervensi ploting mutasi pejabat Pemkab Pasuruan. Intervensi dengan menyodorkan nama-nama calon pejabat ini menjadi indikasi lambatnya pengisian jabatan di organisasi perangkat daerah (OPD) yang hingga kini masih lowong.

Direktur Pusat Studi dan Advokasi Kebijakan (Pusaka) Pasuruan, Lujeng Sudarto menyebut, para tokoh informal ini berupaya melobby Bupati Pasuruan dengan menyodorkan nama-nama calon pejabat. Mereka bergerak setelah diminta pertolongan para pejabat yang merasa posisinya terancam.

“Mutasi pejabat adalah hak prerogatif Bupati Pasuruan dengan mempertimbangkan usulan dari Baperjakat. Bupati Pasuruan harusnya hanya mendengar usulan nama-nama ini telah melalui seleksi yang ketat,” kata Lujeng Sudarto.

Menurut Lujeng, molornya pengisian jabatan yang lowong ini berimbas pada menurunnya pelayanan masyarakat. Karena ada kebijakan strategis yang tidak bisa diambil alih oleh pejabat pelaksana tugas (Plt) kepala dinas.

“Ada lebih dari enam pejabat yang sudah pensiun dan belum digantikan sampai saat ini. Ini belum termasuk pejabat yang akan segera pensiun. Bupati Pasuruan harus segera mengisi jabatan yang menjadi kewenangannya,” tandasnya.

Karena itu, lanjut Lujeng, Bupati Pasuruan hendaknya tidak menggubris intervensi tokoh informal dalam usulan mutasi jabatan tersebut. Yang lebih penting lagi, Bupati Pasuruan juga harus mempertimbangkan calon pejabat yang saat ini berpotensi berurusan dalam kasus hukum.

“Saat ini penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangil sedang menangani kasus hukum di Dinas Pemuda dan Olahraga serta Dinas Kesehatan. Ini harus menjadi catatan penting dalam mutasi pejabat,” tegas Lujeng.

Pewarta : Arisandi Pasuruantimes
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Pasuruan TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]pasuruantimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]pasuruantimes.com | marketing[at]pasuruantimes.com
Top