hampir setiap hari lampu yang menghiasi jembatan pelangi hilang dicuri maling
hampir setiap hari lampu yang menghiasi jembatan pelangi hilang dicuri maling

Jembatan Kali Asem yang membentang di tengah Kota Lumajang sudah disulap sedemikian bagus oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang menjadi jembatan pelagi.

Ya, jembatan pelangi yang sudah dipenuhi dengan hiasan lampu tersebut menjadi daya tarik sendiri bagi masyarakat Lumajang. Hampir setiap hari, warga di kaki lereng Gunung Semeru ini ingin mengabadikan foto di jembatan pelangi sebelah Kantor Dinas Kesehatan setempat. 

Keberadaan jembatan pelangi yang kini menjadi titik spot bagi warga Lumajang itu. Rupaya dirusak oleh orang yang tidak bertanggung jawab, mereka dengan sengaja mengambil lampu di jembatan tersebut. 

Dari keterangan DLH Lumajang. Hilangnya lampu hiasan di jembatan pelangi hampir terjadi setiap hari. Tiga sampai empat lampu harus hilang setiap harinya. "Selama ini memang ada beberapa lampu hias yang hilang dari jembatan pelangi," ujar Kabid Ruang Terbuka Hijau Dinas Lingkungan Hidup Lumajang, Yuli Haris.

Yuli menyayangkan perbuatan tersebut. Sebab, pemerintah sudah berusaha maksimal agar Lumajang mejadi kota yang indah. Namun, lantaran adanya tangan jahil tersebut. "Memang ada. Kami hanya mengganti saja lampu yang hilang itu dengan yang baru," katanya.

Yuli berharap, masyarakat sadar jika fasilitas itu murni untuk masyarakat. Secara tidak langsung mereka memiliki kewajiban untuk merawat dan menjaga fasilitas tersebut. Bukan malah merusak apalagi mengambil.

Maka dari itu Yuli menegaskan perlu ada sanksi terhadap masyarakat yang secara sengaja merusak atau mengambil fasiltas tersebut. "Kami tidak punya polisi taman, tapi kan ada petugas yang memilik wewenang melakukan penindakan," terangnya.

Penindakan itu dirasa perlu dilakukan, mengingat perusakan tidak hanya sekali ini saja terjadi. Bahkan, beberapa taman di Lumajang juga ada yang mengalami kerusakan lantaran tangan jahil.