Pembangunan underpass Karanglo yang nyaris rampung. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

Pembangunan underpass Karanglo yang nyaris rampung. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)



Pembangunan underpass Karanglo nyaris rampung. Jalan bawah tanah yang merupakan bagian dari Tol Malang-Pandaan (Mapan) itu memasuki tahap finishing atau penyelesaian. Hingga tiga hari ke depan atau Senin (13/5/2019) underpass tersebut akan dilakukan sistem buka tutup.

Kanit Turjawali Satlantas Polres Malang Ipda Ahmad Taufik mengungkapkan, underpass Karanglo yang berlokasi di jalur utama Singosari-Malang hanya bisa dioperasikan saat malam hari. "Saat ini masih dalam proses pengerjaan, underpass hanya di buka pada malam hari mulai pukul 23.00 WIB hingga pukul 06.00 WIB dan saat pagi, lalu lintas kembali menggunakan jalur atas," ujarnya. 

"Dari pihak Tol Mapan menjadwalkan proses penyelesaian underpass ini masih akan berlangsung tiga hari ke depan. Kan mulai dini hari tadi (10/5/2019) hingga Senin (13/5) untuk pengalihan saja," tambahnya. 

Taufik mengatakan, pengerjaan underpass Karanglo terus berjalan dan dikebut pengerjaannya agar bisa selesai sebelum lebaran. Harapannya, underpass tersebut sudah berfungsi maksimal saat arus mudik Idul Fitri 2019.

Taufik menyebut, tadi malam sudah diberlakukan pengalihan jalur dari arah Surabaya menuju Malang dan Surabaya menuju Batu. Penutupan selama 6 jam itu dilakukan karena ada pengaspalan jalan. "Hanya pengalihan jalur karena ada pengaspalan jalan di depan Unggul dan setelah itu arus dikembalikan seperti semula," urainya. 

Dalam pengalihan jalur tersebut, lanjut Taufik, hanya satu lajur underpass yang dioperasionalkan untuk mengurai kemacetan. "Untuk pengalihan jalur, kami menggunakan jalur Underpass. Tapi hanya satu jalur saja. Karena satu jalur lagi masih pengerjaan," sebutnya.

Untuk itu tambah Taufik, Satlantas Polres Malang menghimbau pengguna jalan agar bersabar dan tetap menjaga keselamatan selama berkendara. Pengemudi juga diharapkan mematuhi rambu-rambu lalu lintas. "Utamakan keselamatan berkendara dan patuhi rambu-rambu lalu lintas," tegasnya.

Terpisah, Humas PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) Agus Tri Antyo berharap, pembangunan underpass Karanglo bisa selesai sebelum lebaran jadi bisa difungsikan waktu arus mudik 2019. "Saat ini proses pengerjaannya konstruksi underpass sudah masuk tahap finishing. Semoga dapat dioperasikan untuk arus mudik nanti," sebutnya.

Untuk diketahui, selama underpass dibuka maka pengguna jalan dari arah Malang ke Surabaya langsung diarahkan masuk underpass lajur kiri. Sementara arah lain masih sesuai dengan arus lalu lintas sesuai dengan rambu yang ada. 


End of content

No more pages to load